Hasil Sidang Isbat Ramadhan 2017 Diumumkan Kemenag

185 views

Hasil Sidang Isbat Ramadhan 2017

Hasil Sidang Isbat Ramadhan 2017 akan ditetapkan oleh Kementerian Agama beserta jajarannya pada Jumat sore tanggal 26 Mei untuk menentukan awal puasa 2017 Ramadan 1438 Hijriyah. Dalam sidang untuk menetapkan jadwal Puasa tahun ini pihak Kemenag akan memantau hilal dari 77 titik di seluruh Indonesia.

Sidang tersebut akan digelar di Kantor Kementerian Agama Jalan MH Thamrin Jakarta mulai pukul 17.00 WIB. Sidang isbat dibuka oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin untuk dilanjutkan dengan laporan data hisab dan pelaksanaan rukyatul hilal oleh Direktur Urais. Selanjutnya, hasil sidang isbat disampaikan kepada masyarakat melalui konferensi pers.

“Dalam menentukan awal puasa tahun ini, Kemenag akan memantau hilal pada 77 titik di seluruh Indonesia,” demikian uraian Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah (Urais) Kementerian Agama M Thambrin, seperti dilansir dari Antara.

Sidang isbat akan dihadiri oleh duta besar negara-negara sahabat, Ketua Komisi VIII DPR RI, Mahkamah Agung, Majelis Ulama Indonesia (MUI), Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

Dari sisi pakar astronomi akan hadir Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Badan Informasi Geospasial (BIG), Bosscha Institut Teknologi Bandung (ITB), dan Planetarium Jakarta.

Selain itu, juga ada pakar falak dari ormas-ormas Islam, pejabat eselon I dan II Kementerian Agama, dan tim hisab dan rukyat Kementerian Agama.

Sedangkan sesi prasidang akan diisi acara berupa pemaparan posisi hilal awal Ramadan 1438 Hijriyah oleh anggota tim hisab rukyat Kementerian Agama Cecep Nurwendaya pada pukul 17.00 WIB.

Sidang akan kembali dilanjutkan setelah jeda salat dan dibuka oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin serta dilanjutkan dengan laporan data hisab dan pelaksanaan rukyatul hilal oleh Direktur Urais.

Hasil sidang isbat kemudian akan disampaikan kepada masyarakat melalui konferensi pers.

Sementara itu ormas Islam Muhammadiyah telah menetapkan awal puasa bulan Ramadan 1438 H jatuh pada tanggal 27/5 hari Sabtu, sementara tanggal lebaran atau 1 Syawal pada 25 Juni 2017.

Penetapan ini berdasarkan hasil hisab hakiki yang dilakukan pada awal Maret silam, yaitu penghitungan secara matematis dan astronomis untuk menentukan posisi bulan.

“Ijtimak jelang Ramadan 1438 H terjadi pada Jumat Legi, 26 Mei 2017 M pukul 02:46:53 WIB,” demikian bunyi pernyataan resmi Muhammadiyah yang ditanda-tangani awal Maret.

“Berdasarkan hasil hisab tersebut, Pimpinan Pusat Muhammadiyah menetapkan tanggal 1 Ramadan 1438 H jatuh pada Sabtu Pahing, 27 Mei 2017. Tanggal 1 Syawal 1438 H jatuh pada Ahad Legi, 25 Juni 2017.”

Sedangkan Nahdlatul Ulama (NU) akan menunggu hasil rukyat dan sidang isbat untuk menentukan awal puasa 2017. Ketua Lembaga Falakiyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama KH Ahmad Ghazalie Masroeri mengatakan NU menyelenggarakan rukyat di seluruh Indonesia pada Jumat 26 Mei 2017.

Bulan Puasa Ramadhan 2017 Sidang Isbat

Related Post

Leave a reply