Doa Menghilangkan Kesedihan Dan Kesusahan

4879 views

Doa Menghilangkan Kesedihan yang diajarkan oleh Baginda Nabi Muhammad SAW kepada umatnya, ketika kita berada dalam kesedihan, kesusahan, kegelisahan dan kegalauan tak elok rasanya apabila segala masalah yang menghimpit di keseharian itu terus berlarut larut atau bahkan membuat diri kita menjadi lupa dan terjatuh semakin dalam tanpa berusaha untuk bangkit dari keperpurukan.

Doa Menghilangkan Kesedihan Dan Kesusahan

Sebagai muslim yang baik sudah sepantasnya kita kembali merenung dan bermusahabah diri perihal mengapa kali ini kita ditimpa kesedihan dan kegelisahan? adakalanya setiap perkara yang menimpa adalah bentuk ujian, teguran dan siksaan, tergantung dari sisi mana kita berada menyingkapinya, semua itu tak lepas dari hikmah yang sangat besar menanti didepan kita untuk diterjemahkan, dengan semangat untuk kembali meraih kemuliaan kita dituntut untuk bangkit secara lahiriah maupun bathiniah dan puji syukur Alhamdulillah kita diajarkan Doa Menghilangkan Kesedihan dari Rasululloh agar diamalkan manakala umat sedang tertimpa masalah.

Dari Sahabat Abu Musa al-Asy’ari r.a. meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa tertimpa kesusahan atau kesedihan, maka hendaklah dia membaca doa ini:
‘Ya Allah, sesungguhnya aku adalah hamba-Mu, anak dari hamba-Mu. Ubun-ubunku berada dalam genggaman ‘kekuasaan’-Mu. keputusan-Mu telah berlaku atas diriku dan setiap ketentuan-Mu adil atasku. Ya Allah, aku memohon kepada-Mu dengan segenap nama yang menjadi milik-Mu, yang mana Engkau telah menamakan diri-Mu dengannya, atau nama yang Engkau ajarkan kepada salah seorang dari makhluk-Mu, atau yang Engkau turunkan dalam kitab suci-Mu, atau yang Engkau simpan dalam pembendaharân ghaib di sisi-Mu. Jadikanlah Al-Quran yang agung sebagai penuntun hatiku dan cahaya penglihatanku, penghilang kesedihan dan kesusahanku.’” (HR Ahmad).

Untuk Lebih jelasnya tentang Doa Menghilangkan Kesedihan ini silahkan disimak:

اَللَّهُمَّ إنِّيْ عَبْدُكَ اِبْنُ عَبْدِكَ اِبْنُ أَمَتِكَ ، نَاصِيَتِيْ بِيَدِكَ ، مَاضٍ فِيَّ حُكْمُكَ ، عَدْلٌ فِيَّ فَضَاؤُكَ ، أَسْأَلُكَ اَللَّهُمَّ بِكُلِّ اسْمٍ هُوَلَكَ ، سَمَّيْتَ بِهِ نَفْسَكَ ، أَوْ عَلَّمْتَهُ أَحَدًا مِنْ خَلْقِكَ ، أَوْ أَنْزَلْتَهُ فِيْ كِتَابِكَ ، أوِاسْتَأْثَرْتَ بِهِ فِيْ عِلْمِ الْغَيْبِ عِنْدَكَ ، أَنْ تَجْعَلَ الْقُرْآنَ الْعَظِيْمَ رَبِيْعَ قَلْبِيْ ، وَنُوْرَ بَصَرِيْ ، وَجَلاَءَ حُزْنِىْ ، وَذِهَابَ هَمِّيْ .
`allâhumma `innî ‘abduka `ibnu `abdika `ibnu `ammatika, nâshiyatî biyadika, mâdhin fiyya hukmuka, ‘adlun fiyya qadâ`uka, `as`aluk`allâhumma bikullismin huwa laka, sammaita bihî nafsaka, `aw ‘allamtahû ahadan min khalqika, `aw `anzaltahû fî kitâbika, `awista`tsarta bihî fî ‘ilmil ghaibi ‘indaka, `an taj’alal qur`ânal ‘adzîma rabî’a qalbî, wanûra bashârî, wajalâ`a huznî, wadzahâba hammî.

Demikian Doa Menghilangkan Kesedihan yang diajarkan dari Baginda Nabi Muhammad SAW semoga dengan dibentengi doa-doa islami, hidup kita sehari-hari senantiasa berada dalam lindunganNya, baik dalam suka maupun duka, Aamiin…

Doa Menghilangkan Kesedihan

Related Post

Leave a reply