Fakta Unik Wisata Ziarah Pamijahan

3766 views

Wisata Ziarah Pamijahan adalah salah satu tujuan wisata para peziarah dari seluruh pelosok tanah air bahkan manca negara ketika hendak melakukan kunjungan zaroh sebagai upaya napak tilas perjuangan Wali Allah dalam mengembangkan agama Islam dimasa lalu.

Keberadaan kedusunan Pamijahan semakin dikenal sebagai Wisata Ziarah religi karena memiliki dua situs yang selalu dikunjungi dan diziarahi yaitu Makam Syekh Abdul Muhyi dan Goa Safarwadi keduanya berada di desa pamijahan kecamatan Bantarkalong Kabupaten Tasikmalaya dan jarak antara keduanya tidaklah berjauhan (dapat ditempuh beberapa/puluh menit dengan jalan kaki).

Wisata Ziarah Pamijahan Tasikmalaya

Rute Perjalanan Menuju Pamijahan

Apabila anda merupakan peziarah yang belum pernah berkunjung ke pamijahan dan berasal dari daerah yang jauh dari lokasi ziarah, sebaiknya anda mengikuti dahulu alur peta/map menuju Tasikmalaya, dikota ini kita dapat bertanya kepada siapa saja dan dipastikan hampir tiap orang mengetahui alamat pamijahan atau memilih transportasi lokal dari terminal tasik langsung menuju pamijahan, perjalanan dari tasikmalaya menuju lokasi kira-kira 3jam perjalanan. Apabila anda menggunakan transportasi sendiri bisa pilih rute lewat karangnunggal seperti rute yang dipilih bus pariwisata, jarak dari tasikmalaya ke karangnunggal kurang lebih 50 km.

Memasuki wilayah terminal simpang karangnunggal, terdapat dua arah jalan, satu ke arah cipatujah dan satunya lagi ke pamijahan, anda harus pilih arah kanan, dari terminal simpang jarak berkisar 11 Kilometer lagi menuju lokasi ziarah, anda akan mendapatkan rute yang berbelok belok naik turun melewati banyak perumahan penduduk ditiap sisinya, sampai dipersimpangan simpang urmi anda harus pilih jalur kiri, dari sini kira kira 3-4 km lagi untuk tiba di pamijahan, jalan ini tidak terlalu lebar sehingga bus-bus besar yang membawa para peziarah harus rela antri beriringan karena tidak memungkinkan untuk menyalip satu sama lainnya.

Fakta Unik Wisata Ziarah Pamijahan Tasikmalaya

Bagi sebagian orang yang belum mengenal wisata ziarah pamijahan adalah mengira lokasi ziarah merupakan tempat yang sulit dikunjungi atau kampung yang belum banyak terjamah, perkiraan ini tentu saja tidak benar karena ketika memasuki area terminal kedatangan di pamijahan anda akan mendapatkan begitu banyak moderinasasi ditempat ini, bermula dari terminal yang cukup besar menampung mobil dan bus transportasi, toko-toko pedagang berjejer beraneka ragam seperti toko cindramata, toko busana islami, penginapan sampai ke penjual makanan dll, intinya anda tidak perlu merasa khawatir atau kesulitan untuk mendapatkan kebutuhan selama berziarah.

Fakta menarik lain dari pamijahan adalah ketika kita melewati terminal dan memasuki gerbang pertama perjalanan dimulai dengan jalan kaki, dari sini anda akan menemukan pedagang yang berderet kiri dan kanan sepanjang jalannya, uniknya… toko atau warung tersebut tidak selalu ditunggui si empunya, ketika kita ingin membeli barang dagangan kita harus memanggil si pedagang tersebut yang biasanya berada didalam rumah, mungkin anda merasa heran, lho ko bisa dagangan yang berada dipinggir jalan tidak ditungguin? amankah barang dagangannya? padahal warung-warung ini buka 24 jam! tidaklah heran karena penulis sendiri dulu merasa kaget juga tapi setelah mendapat informasi, (tau benar atau tidak) jika ada pendatang yang berani mencuri dagangan di area ini maka saat itu juga akan langsung kena dampaknya! tak heran mitos yang berkembang menyebut pamijahan sebagai tempat keramat.

Fakta Unik ziarah pamijahan lainnya yaitu ketika ditengah perjalanan menuju Makam Syekh Abdul Muhyi anda akan menemukan larangan batasan merok*k, area bebas rok*k ini berarti kita sudah mendekati lokasi makam Waliyullah Syekh Abdul Muhyi, bagi pendatang atau peziarah sudah seharusnya kita mematuhi tata tertib yang dibuat tersebut.

Fakta Unik Wisata Ziarah Pamijahan salah satunya merujuk kepada peninggalan bersejarah yakni Goa Safarwadi Pamijahan, karena selain sebagai situs bersejarah juga menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung karena keunikan tempatnya, sehingga bagi peziarah yang baru berkunjung, tak elok rasanya apabila melewatkan untuk memasuki Goa Safarwadi, disana nanti anda akan menemukan banyak fakta unik selama berziarah ke pamijahan, berlanjut ke artikel berikutnya…

Wisata Ziarah Pamijahan

No related post!

Leave a reply