Karomah Wali Allah Menurut Arti Dan Makna

6191 views

Tulisan kali ini mengetengahkan tema Karomah Wali Allah Menurut Arti Dan Makna atau karomah waliyullah, dimana pemahaman yang benar diharapkan mampu merubah paradigma atau pola pikir yang tidak sesuai menjadi selaras dengan fakta sebenarnya.

Manusia dalam perjalanan hidupnya senantiasa tak lepas dari namanya sejarah bahkan kita sendiri pun telah dan akan menorehkan sejarah bagi kita sendiri dan orang orang terdekat sebagai kisah perjalanan hidup kita tak terkecuali bagi orang terdahulu yang kita kenal sekarang ini dapat kita pelajari dan dipahami melalui sejarah.

Karomah Wali Allah

Karomah adalah suatu anugrah yang diberikan oleh Allah SWT kepada hambanya yang terpilih dan bersifat seperti mukjizat yang dikaruniakan kepada para nabi dan rasul, antara keduanya memiliki kesamaan bahwa mukjizat dan karomah bisa terjadi semata mata karena adanya izin dari Allah SWT dan bukan merupakan keinginan sendiri.

Karomah para wali memiliki kemampuan untuk melakukan hal-hal luar biasa dan diluar nalar manusia yang diberikan kepada orang orang dikasihiNya yang dikenal sebagai waliyullah, dimana para wali Allah ini mampu menunjukan suatu peristiwa luar biasa sebagai salah satu pertolongan Allah kepada hambanya yang sholeh, salah satunya ketika sedang melakukan syiar agama dan dakwah.

Perbedaan Karomah dan Ilmu Sihir

Perbedaan terbesar antara Karomah dan ilmu sihir adalah terletak pada siapa orang yang menjadi pemilik kelebihan tersebut, dimana masing masing mampu memperlihatkan kehebatan dan keistimewaan yang Allah berikan, sehingga bagi orang awam sangat sulit membedakan mana karomah dan mana ilmu sihir.

  • Ilmu sihir senantiasa diperlihatkan si empunya kepada orang lain untuk berbagai alasan, tak terkecuali dilakukan sebagai usaha mencelakai dan ingin diakui sebagai orang hebat yang mempunyai kesaktian, para tukang sihir ini melakukannya demi mengharapkan imbalan/pamrih.
  • Sementara Karomah para wali senantiasa tersembunyi dan tidak ingin diketahui oleh orang lain, hal ini untuk menjaga kesucian niat dan amalan waliyullah semata mata hanya untuk Allah SWT walaupun akhirnya sebagian keistimewaan ini tersebar karena berbagai sebab.

Karomah terjadi manakala keadaan pada waktu tersebut sangat memungkinkan diperlihatkan sebagai bentuk pertolongan dan untuk menunjukan kekuasaan Allah SWT yang diberikan kepada para wali dalam menyebarkan agama Islam dan untuk membantu orang-orang yang berada dalam kesulitan seperti sakit dan terkena gangguan sihir, sehingga orang-orang yang menyaksikan “kehebatan” karomah ini menjadi lebih diyakinkan lagi keimanannya dan bagi orang-orang yang menentang keberadaan para wali tidak sedikit yang tersadar dan bertobat setelah melihat karomah seperti yang terjadi pada zaman Walyullah Sultan Auliya Syekh Abdul Qodir Jaelani dan Syekh Abdul Muhyi.

Adapun bentuk “kelebihan” dan anugrah tertentu yang diberikan Allah SWT kepada manusia terbagi menurut maqom atau tingkatannya, yaitu:

  1. Mukjizat, diberikan kepada Nabi dan Rasululloh, mukjizat terbesar Nabi Muhammad SAW adalah kitab suci Al Qur’an
  2. Karomah, diberikan kepada Wali Allah
  3. Ma’unah, diberkan kepada Para Ulama
  4. Ilham, diberikan kepada manusia biasa yang sholeh

Demikian paparan mengenai Karomah Wali Allah Menurut Arti Dan Makna, semoga dapat memberi manfaat bagi umat agar menambah wawasan dan tidak terjerumus kedalam pemahaman yang tidak berdasar, aamiin.

Karomah Wali Allah

Related Post

Leave a reply